Jumat, 10 Februari 2012

9 Langkah Merubah Mimpi Menjadi Kenyataan


Anda mungkin memiliki banyak tujuan yang hendak dicapai, apakah itu berhubungan dengan bisnis Anda, nama, kesehatan, atau sesuatu yang lain dalam hidup Anda. Jelas, keinginan untuk mencapai suatu tujuan biasanya tidak cukup, dan banyak dari kita membutuhkan rencana yang jelas untuk sampai ke sana. Banyak cara dan metoda yang dapat Anda terapkan untuk menggapai tujuan tersebut.

Kali ini MSB berikan tips “9 Langkah Mewujudkan Mimpi Menjadi Nyata”. 9 Langkah ini disarikan dari ebook yang berjudul “10 Easy Steps to Turning Dreams Into Reality! tulisan Vincent Grant yang dapat Anda unduh di http://www.concepts-of-reality.com. Anda mungkin bertanya, aslinya ada 10 langkah, tapi kok menjadi hanya 9 langkah saja?
“Korupsi ya?”
 Walah, Lha Anda itu kok malah nuduh! 
“Baca aja dulu deh!, Oke?”


1. Pola pikir vs Pengetahuan
Hal pertama yang perlu kita pahami tentang mengubah mimpi menjadi kenyataan adalah menyangkut  dua atribut berbeda. Kita perlu memiliki kedua atribut ini, yaitu Pengetahuan dan Mindset positif. Banyak orang lupa tentang Mindset dan akibatnya lebih mungkin untuk gagal dalam upaya mereka mencapai apa yang mereka inginkan, jika mereka ingin.
Seperti yang dapat Anda saksikan, bahwa tindakan mencapai segala sesuatu sebagian besar dengan memiliki pola pikir yang benar. Banyak ahli yang mengatakan hal ini dengan rasio ¾ Mindset dan ¼ Pengetahuan.
Memiliki Pengetahuan yang tepat, sebenarnya cukup sederhana.  Anda dapat belajar keterampilan dan strategi yang diperlukan untuk melaksanakan tugas yang telah Anda atur sebelumnya. Bagaimanapun masih banyak orang yang berjuang dengan Mindset-nya.
Untuk memiliki Mindset juara berarti bahwa Anda harus sangat Termotivasi, memiliki determinasi dan kemauan yang kuat.  Untuk itu dibutuhkan pengorbanan.

2.  Temukan Tujuan Hidup Anda
Salah satu Hambatan terbesar yang dimiliki kebanyakan orang adalah bahwa mereka tidak memiliki tujuan yang jelas untuk diperjuangkan dalam hidup mereka. Artinya bahwa meskipun orang-orang ini mungkin mengatakan mereka menginginkan rumah besar dan mobil Porsche, dan bahkan lebih  jauh dari ini sebagai item-item tujuan, mereka masih tidak menyadari tujuan sejati mereka dalam hidup.

Untuk mengetahui  Tujuan Hidup Anda, Anda perlu bertanya pada diri sendiri  beberapa pertanyaan.  Anda perlu membuat daftar apa yang harus Anda lakukan dan apa-apa yang tidak Anda inginkan ada dalam kehidupan Anda.  Ini dapat berupa perasaan, orang, ide atau obyek, apapun yang bisa Anda fikirkan.

Berikutnya buatlah daftar Kendala yang menghalangi jalan Anda untuk meraih apa-apa yang Anda harapkan dalam hidup Anda.

Kemudian berpikirlah tentang apa yang Anda inginkan mengenai keluarga, teman dan rekan katakan tentang hidup Anda setelah Anda meninggal. Saya tahu bahwa ini terdengar agak mengerikan, tapi berpikir tentang hal ini di hidup Anda, bisa sangat memotivasi.

Akhirnya, tulis tujuan hidup Anda sebagai sebuah statemen yang terdiri dari beberapa kalimat. Cetaklah, dan pasangkan di suatu tempat yang dapat Anda lihat tiap hari.

3. Mendapatkan Motivasi
Ada begitu banyak metode yang dapat Anda temukan, salah satu metode besar yang saya ingin gunakan adalah poster mimpi. Ide dasar dari metoda ini adalah dengan memotong gambar dari majalah, misal rumah, mobil dan kapal pesiar yang ingin Anda miliki dalam hidup Anda. Kemudian luangkan waktu setiap hari untuk melihat poster Anda tersebut dan Visualisasikan kehidupan yang Anda inginkan.

Cara lain adalah dengan mencetak kata-kata atau kalimat inspirasional dan tempatkan pada dinding di ruang kerja pribadi Anda.

Luangkan waktu untuk meditasi, bisa hanya dengan duduk sambil mendengarkan musik yang Anda sukai dan Visualisasikan hidup Anda seperti yang Anda inginkan. Lihatlah diri Anda sedang berada di pantai Bahama saat liburan, atau menghabiskan waktu bersama anak-anak Anda di taman, gunakan semua imajinasi Anda.

4. Tujuan Yang S.M.A.R.T
Sebelum kita mengatur tujuan, adalah penting bahwa kita memiliki gagasan tentang bagaimana menulis tujuan yang efektif. Kita ingin tujuan terdefinisi dengan baik dan mudah untuk memotivasi diri kita ke depan, dan akhirnya, mencapainya.

Kerangka terbaik yang pernah saya temui adalah filosofi S.M.A.R.T. Berdasarkan filosofi ini,  tujuan kita harus:
1. Specific (Spesifik),
2. Measurable (Terukur),
3. Action-Oriented (Berorientasi kegiatan),
4. Realistic/Relevan  (Realistis), dan
5. Time/resource constrain (Waktu / batasan sumberdaya).

Jadi, sekarang kita memiliki kerangka yang telah terbukti untuk mendasari tujuan kita, sekarang kita dapat mulai menetapkan beberapa tujuan.

5. Mendefinisikan Tujuan
Sekarang kita harus berpikir tentang sebuah Tujuan yang ingin kita capai. Ini adalah sesuatu yang cukup besar seperti memiliki sebuah rumah di tepi pantai atau mendapatkan pekerjaan sebagai Enjiner.

Kita tentu saja akan memilah ini ke dalam bentuk Milestones dan kemudian membaginya ke dalam poin-poin kegiatan lebih kecil agar dapat lebih mudah dicapai.

Namun, untuk saat ini Anda perlu memutuskan beberapa area yang Anda ingin tingkatkan dan kemudian tulis menggunakan filosofi SMART seperti diatas.

6. Daftar Milestones
Sekarang kita dapat melihat Tonggak utama yang perlu kita ambil untuk mencapai Tujuan kita. Sebagai contoh adalah untuk mendapatkan pekerjaan sebagai Enjiner, ada beberapa langkah utama tertentu yang perlu kita ambil untuk mewujudkan tujuan ini. Misalnya, Milestone paling jelas yang kita butuhkan untuk mencapai tujuan ini adalah dengan menyelesaikan sekolah keteknikan.

Seperti yang Anda lihat, kita telah secara progresif memecah tujuan kita ke dalam potongan yang lebih kecil, potongan yang lebih mudah dikelola.

7. Mengatur Tugas
Selanjutnya kita perlu membagi ini Milestones ke dalam tugas-tugas (kegiatan) yang spesific. Ini mengagumkan karena Anda dapat secara efektif menentukan sendiri tugas/kegiatan dan kemudian memeriksa daftar Anda. Hal ini memudahkan  untuk memeriksa kemajuan Anda.

Kita ambil contoh lain,  Tujuan kita kali ini adalah untuk membuat $ 1 juta dari pasar saham dalam waktu 3 bulan, dengan investasi awal sebesar $10.000, dengan berinvestasi dalam opsi saham. Catat ini adalah tujuan SMART.

Kemudian mari kita membuat Milestone pertama kita untuk 'belajar bagaimana berinvestasi di pasar saham, "kita kemudian dapat melanjutkan untuk memilah ini ke dalam Tugas/kegiatan yang lebih kecil.

Tugas pertama kita kemudian bisa berupa membaca buku “ Options Trading”, satu bab satu malam, catat, bahwa ini juga merupakan Tujuan SMART.
Tempelkan rencana harian Anda ini pada dinding dan ceklah jika sudah selesai.

8. Yakin akan Sukses
Anda dapat menarik kesejajaran antara Sukses Anda dan statemen Tujuan Hidup Anda. Namun, keyakinan Anda lebih dari sebuah pernyataan dari Keyakinan dan Janji Anda tentang bagaimana Anda akan menjalani hidup ini.

Ini akan memberikan dasar untuk pengambilan keputusan Anda dan juga berfungsi sebagai pengingat  motivasi. Jangan ragu untuk memasukkan beberapa afirmasi seperti “saya selalu tenang dalam krisis”, kata-kata ini akan memberikan beberapa motivasi ekstra.

Dan jika Anda percaya dan mengatakan kata-kata ini sesering mungkin, dengan keyakinan, maka perilaku Anda akan berubah dan merefleksikan hal ini.

9. Pertanyaan Sukses
Bukan hal yang istimewa, ketika Anda melihat tujuan Anda setiap hari, untuk sekadar berkata kepada diri sendiri "baik, saya pikir sejauh ini akan OK".  Anda harus benar-benar melihat kemajuan yang telah dilakukan/dicapai dan tanyakan pada diri sendiri,” Bagaimana cara saya untuk bisa melakukan hal ini lebih baik lagi?

10. Satu Step
Selamat! Dengan membaca tips ini berarti Anda telah melalui satu langkah awal. Dengan demikian Anda hanya perlu meneruskan dengan 9 langkah berikutnya. Semoga Sukses. 

Untuk filosofi SMART, akan MSB bahas pada artikel lain dengan lebih mendetail.


Salam Takzim,
Bagus H. Jihad

13 komentar:

  1. saya akan berusaha mewujudkanya om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah Jay, semoga Allah memudahkan langkah Anda mewujudkannya. Aaamiin.

      Salam Takzim,
      Bagus H. Jihad

      Hapus
  2. om ini jadinya 9 atau 10 step sih ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dijudul ebooknya disebutkan ada 10 langkah, setelah saya baca hanya ada 9 langkah saja...yang no 10 hanya modifikasi dari saya!

      Salam Takzim,
      Mimpi Siang Bolong

      Hapus
  3. Tujuan Yang S.M.A.R.T

    sampai nomor 4 ini idah agak mikiiir keras. . . :(
    terimakasih ya kak untuk motivasinya. . . :D

    Salam Senyuum. . . ^_*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menetapkan tujuan yang SMART dapat Adik baca di artikel berikutnya...ada beberapa artikel yang sdg disiapkan untuk membahas tentang tujuan SMART ini,

      Thengkiyu, Salam Takzim.
      Bagus H. Jihad

      Hapus
  4. aq kan brusaha u-mewjud kan mimpi q i2. . .

    BalasHapus

Pembaca yang BUDIMAN, Sudilah kiranya Anda meninggalkan pesan/komentar terkait artikel yang Anda baca, atau mengenai Blog ini. Terima kasih dan Salam Takzim.

Artikel Terkait