Sabtu, 22 Januari 2011

Konsumsi BBM Beberapa Jenis Mobil


Mendengar, membaca, menyaksikan obrolan, rumor dan sanggahan terkait jadi tidaknya diberlakukan kebijakan BBM non-subsidi, membuat rakyat semakin jengah. Terkesan kebijakan ini tidak cermat, tidak dikaji secara mendalam.  Mungkin dibenak pemerintah, jalankan dulu kebijakan, toh rakyat (baca: masyarakat) akan pasrah dan akhirnya akan menerima paksaan ini.

Akupun lantas mimpi mempunyai kendaraan yang irit BBM. Kalau disuruh beli Hybrid tentu aku langsung ngibrit, daripada seperti orang mimpi di siang bolong, pilih yang bekaspun asal irit. Apatah lagi "Sang Ahli" belum bisa membuat kebijakan untuk mengurai kemacetan yang semakin kusut. Akhirnya kembali kepada kita pengguna kendaraan bermotor untuk menggunakan kendaraan secara smart dan bijaksana.

Bagi yang baru mau beli atau ganti kendaraan, berikut saya berikan konsumsi BBM beberapa jenis mobil, yang saya comot dari forum di kaskus.us.


All new corolla th 2000 = 1: 11 DALKOT, 1:14 LUKOT
APV GX 06 = 1:8 DALKOT... kadang 1:7
Avanza 1.3 blum vvti = DALKOT: 1:8-9,
Avanza 1.5S M/T VVTi 07 = fakta 1:8 brosur 1:15 LUKOT 1:11 brosur 1:20
Avanza 1.5S manual = DALKOT 1:9.5/10
avanza 93 non vvti = DALKOT 1:9.5 LUKOT 1:12
Avanza G '07 = 1:9 DALKOT, 1:15 TOL
Blazer 2000 DOHC = DALKOT 1:7
BMW 318i 1993 = 1:8 - 11
BMW 325i 2001 = 1 : 5
bmw 530i M54 2001 = dalam kota macet 1:6.5 - 1:7
camry 3.0 = 1: 6-8 kombinasi
Corolla all new 1.6 1997 = 1:10
Corolla all new 1.6 97. = 1:7-9
Corona Absolute 1600 cc = DALKOT macet 1:8 macet+lancar 1:10 - 1:11 LUKOT 1:13 - 1:14
CR-V 2006 = dalem kota 1:7 luar kota 1:10
CR-V gen1 thn 2001 a/t = 1:8
CR-V gen2 thn 2002 m/t = 1:8.5
Escudo 1.6 thn 1995 m/t = 1:8
galant st matic = 1:7-8 kombinasi.
GL 1.5 XV MT = 1:12 - 1:14 luar kota 1:17
Grand vitara = dalam kota 1 : 7 luar kota 1 : 10
grandis = 1: 7-8 kombinasi
great corolla 95 m/t = DALKOT 1 : 10
GreatCORLLA 95, AC FULL = DALKOT 1 : 10, LuarKota 1 : 12 (speed 60-100Km)
Honda Accord VTi M/T 06 = 1:6-8 DALKOT, 1:13 Tol konstan, 1:5 Lg kerasukan setan Tol
Honda Jazz iDSI manual = 1:13
inopa bensin manual = 1:7 kombinasi, 1: 10-11 tol
inopa diesel manual = 1:10-11 kombinasi, 1: 15-16 tol
inova 2007, G AT = 1:6-8
Jazz idsi = DALKOT 1:9 luar kota 1:22
Jazz VTEC05 1,5L SOHC = Dalam kota 1 : 12/13
Jeep CJ 7. 1982. 4200cc = luar kota 1:4-5 (80 - 100 km/jam) dalam kota 1:2-3
Kijang Krista 1.8 m/t = 1:7
Kijang Krista 2.0 m/t = 1:6
Kijang Super 1992 NON AC = DALKOT 1:7, LUKOT 1:8-1:9
Kijang th 94 grand 1.5 = 1.8 macet
kuda diesel = 1:8-9 kombinasi
Lancer GLXi 95 = DALKOT 1:8-9, mixed 1:9-11, luar kota 1:12-13
mazda interplay = luar kota 1:14
Neo Baleno (SX4 Sedan) = 1:14-16an luar kota
new crv manual = 1: 8-10 kombinasi, 1: 12-13 tol
new picanto = 1:11.5 - 1:17
Nissan Livina 1.8 = 1:8 sampe 1:10
Odyssey 2.3 thn 2000 a/t = 1:8.5
Panther LS 2001 = dalam kota 1:12 ,luar kota 1:14
PICANTO = 1:16 minimal, 1:40 maksimal
sedona matic = 1:5-6 DALKOT
Teranno 2.4 thn 2000 = m/t 1:6
Terios, velg 18 = 1:9-1:10
Toyota Soluna Xli 2001 = DALKOT : 1:10 KM LUKOT : 1:12 KM
Toyota Starlet carb = DALKOT 1:10 LUKOT 1:14
toyota yaris = dalam kota 1:10 - 1:13, luar kota 1:17 - 1:18
timor sohc 97 carb = dalam kota 1:8 - 1:9
vios 06 (pake shell 95) = DALKOT 1:14, luar kota 1:22
Vios 08 = 1:11-12 DALKOT
Visto 2001 (AT) = DK 1:8 LK 1:10
VW kodok 1303 76 = DALKOT 1: 8-9 km, LUKOT 1:15 km

56 komentar:

  1. kok merek mobil ane ga masuk gan, ya udah ane inpo-in aja deh,
    ford laser : 1:10 dalam kota, 1:14 luar kota.
    nb.: tergantung kondisi mobil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jual Aneka Produk Import Kosmetik Dan Dildo Pasutri, Tersedia :
      1. Obat Penghilang Tato Permanent
      2. Boneka Full Body Cantik Jepang
      3. POTENZOL - Obat Perangsang Wanita Joss
      4. Obat Vitalitas Pria Africa Black Ant
      5. Vacum Pembesar Penis+Perpanjang Penis
      6. Penis Tekuk Manual Silikon
      7. Ring Getar Silikon / Ring Silicon Vibrator
      8. Pil Pembesar Payudara, Bikin Besar Dan Padat Berisi
      9. Alat Bantu Sex Wanita Vibrator Lida

      → Lihat Testimoni Dan Bukti Pelangan Kami -> Cek disini
      → Jika anda berminat dengan produk-produk kami, Silahkan hubungi kami.
      → Untuk Info Detail Silahkan Kunjungi website Kami : http://hokimarket.com

      Balas Hapus

      Hapus
  2. Thanks bro, bila ada info yang lain tolong ditag kemari.

    BalasHapus
  3. kalo Mobil Vitara punya saya tahun 1993 berasa boros sekali, masak beli bensin 100 ribu ( 22 Liter ) hanya dapat di gunakan sampai 135 km saja...mohon arahan kenapa bisa seperti itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pernah pakai Escudo 1997, perliter antara 7/8 Km.
      Mungkin perlu di tune up, tapi tdk akan bs drastis penghematannya.

      Thanks

      Hapus
    2. pasang free lock dong, atau jangan jangan free locknya dah macet, ya as roda depan sama kopel muter terus, ini kan banyak membebani mesin

      Hapus
  4. yang penting sekarag lam kelamaan bbm naik dan habis nantinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting ayo ngirit, kurangi jalan2 kecuali sangat penting dan jangan sendirian.

      Hapus
  5. ati ati baca tabelnya, ntu yang irit pakai premium atau pertamax?, kalau mobil pakai pertamax 1:16 lawan mobil premium 1:10 ya jatuhnya lebih murah pakai mobil yang 1:10 tapi bisa isi premium

    BalasHapus
  6. Visto 2001 (AT) = DK 1:8 LK 1:10
    ni mobil sadis, 1000cc dikasih pertamax juga dapetnya 1:8 dalem kota, harga pertamax 2x lipet premium, berarti biaya beli bensinya sama dengan mobil toyota FJ 40 4000cc yang pakai premium (nih mobil bisanya cuma premium)1:4 , tenaga berkali lipet he he he

    BalasHapus
  7. avanza luar kota irit? ya karena bodinya enteng banget, cuma 1 ton kurang dikit, tapi kalau di isi penuh penumpang ga bakalan dapet komsumsi 1:15, jadi ati ati baca tabelnya, jangan menyama ratakan kondisinya. apalagi semua orang cenderung membela kendaraanya sendiri

    BalasHapus
  8. aku punya new corolla 1997, irit abis bro dalkot 1:12 lukot 1:14 full AC....saya kira perkiraan di atas tergantung kondisi mobilnya...

    BalasHapus
  9. Saya punya Kijang Jantan '92.... waktu masih pakai Platina 1:7, stetlah diganti CDI Porter 1:8..... katanya bemgkel sih msih bisa di iritkan..... yg penting wani piro??

    BalasHapus
  10. punyaq kijang grand extra 1.8 thn 1995 pake cdi,,ac nyala dalam kota maupun luar kota 1:9..irit ato boros itu ya ??

    BalasHapus
  11. yaaah sudah lumayan ittuuu..... tergantung cara ngemudikannya lah kalo cara ngemudinya sering tancap2 gas yaa cepet habis jg tuu tangki bensin nyaa...

    BalasHapus
  12. Avanza G 2005 1:9 daklot 1:12 Lukot....
    Xenia Xi VVTi 1:12 Lukot ga jauh beda 1:13-14
    Katana Blitz 92 1:14 Dalkot (AC idup) Lukot 1:16
    sapa tau membantu inpo ane.. Thaks gan...

    BalasHapus
  13. picanto 40km?!! bneran tuh ??

    BalasHapus
  14. info yang cukup menarik nih mengenai otomotif,,,jadi pengen beli mobil....

    BalasHapus
  15. Kalo vios 2004 brapa ya? Dalkot? Lukot?

    BalasHapus
  16. Kalo vios 2004 brapa ya? Dalkot? Lukot?

    BalasHapus
  17. Vios nggak tau deh, gue taunya motor gue honda 70 bensinnye lebih murah dari rokok gue.!!!!!

    BalasHapus
  18. Permisi ikutan nimbrung, mobil saya Kijang Grand'95 1500cc. Dalkot (Bandung pusat kota) 1:6 AC; jalan tol 1:9 AC. Mudah2an yg pake Grand punya asumsi yg sama. Thx.

    BalasHapus
  19. Nissan Grand Livina ane dalkot dapet 1:12, Tol 1:18. Full AC and Full Passengers. Kalo cuman sendiri sama jalan nyantai lukot sering bisa 1:20.

    BalasHapus
  20. esteem 91 dalkot 1 : 12 full AC. luar kota 1 : 15...
    adakah yg tau panther brp untuk BBM?????

    BalasHapus
  21. bermacam-macam tingkat konsumsi BBM

    BalasHapus
  22. Terios 2012. iseng2 ngitung konsumsi BBM Rute Depok-Cirebon (Tol cikampek, Pantura, muter2 dalam kota cirebon), Full to Full 1:11 mendekati 12

    BalasHapus
  23. katana 2002 ku dalam kota 1:9,kok boros ya (busi,kabel baru), jazz idsi 2005 ku dalam kota 1:11 , lumayan

    BalasHapus
  24. agya n ayla indenku dalkot 1; <20 lukot 1;30 gmn ???

    BalasHapus
  25. agya n ayla indenku dalkot 1; <20 lukot 1;30 gmn ???

    BalasHapus
  26. daihatsu ceriaku tahun 2003 lampu bulat dalam kota bandung ac on 1 : 14 lukot 1 : 17.

    BalasHapus
  27. makasih infonya mas, buat perbandingan mau beli mobil ni.

    BalasHapus
  28. Chevrolet spin 1.5at, dalkot 1:8,lukot 1:12 (padahal dual vvti, abal2 kali ye)

    BalasHapus
  29. Mercedes Benz 300E '91 Matic Sportline (3000cc): Dalkot 1:5, Lukot 1:6-7, Tarikan ma Civic/BMW 1:4. Pertamax / Plus

    BalasHapus
  30. Apa grand extra 1.8 tahun 96 udah pake cdi ya gan? Mohon p3ncerahan...

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  32. avanza G 2010 vvti 1:5 Dalkot boros banget...apakah krn pengaruh jalan yg macet yak (21 liter jarak tempuh 107 Km)

    BalasHapus
  33. mo tanya sy pake avanza th 2010 21 liter cuma 107 km jarak tempuhnya (dalkot) ada solusinya ga yak agar lbh irit, kan brosurnya 1:14 km

    BalasHapus
  34. avanza 1300 kalo cuma pasang 1 ac untuk lukot bisa 1:19 dengan catatan gak agrasif ngegas dan panteng puteran mesin di 3000 rpm. Tapi kalo pasang 2 ac atau agresif bisa 1:11 untuk lukot. Ini berdasarkan rata-rata pemakaian Bogor-Wanayasa (Purwakarta) lewat Jagorawi-Lingkar Luar-Bekasi-Jatiluhur-Wanayasa-Jatiluhur-Bekasi-Lingkar luar-Jagorawi-Bogor.

    BalasHapus
  35. Nissan march at, dlm kota 1:10an, luar kota blum coba.... @pontianak

    BalasHapus
  36. saya pake Picanto Cosmo 1.1, PP Cianjur-Sukabumi (62 km) habis 3 liter mas...! ya berarti 1: 20 km (irit sih karena pake premium juga)

    BalasHapus
  37. kalo mau lebih irit pake mnyak campur dong,,,campur dorong gxgxgxgxgxgwkwkwkwkwkwkwhihihihihihihk di jamin ampe gundul tu ban minyk seliter gak bakalan abisss....hhuhuii....

    BalasHapus
  38. avanza 1300 kalo cuma pasang 1 ac untuk lukot bisa 1:19 dengan catatan gak agrasif ngegas dan panteng puteran mesin di 3000 rpm. Tapi kalo pasang 2 ac atau agresif bisa 1:11

    gimana cara dapat 1: 19 gan...? apa harus tune up punya ane 1 ac masih 1 : 11

    BalasHapus
  39. Klo Ford Laser ku tahun 1997, irit habis? Karena setiap jalan yang beli bensin orang lain mulu.hehehehe bercanda
    Kisaran 1:11 dalam kota; 1:15 Luar kota.Ac manteng ya?

    BalasHapus
  40. Klo Ford Laser ku tahun 1997, irit habis? Karena setiap jalan yang beli bensin orang lain mulu.hehehehe bercanda
    Kisaran 1:11 dalam kota; 1:15 Luar kota.Ac manteng ya?

    BalasHapus
  41. Klo Ford Laser ku tahun 1997, irit habis? Karena setiap jalan yang beli bensin orang lain mulu.hehehehe bercanda
    Kisaran 1:11 dalam kota; 1:15 Luar kota.Ac manteng ya?

    BalasHapus
  42. Saaya pake Nissan Terano Spirit S1 '04 (2400CC) 1:5 FullAC dapet sebulan langsung ku jual kembali, skarang sy pake Suzi Baleno Next G '12 (irit BGT) 1:18 mantep teu Brow.....

    BalasHapus
  43. ada yg tau kalo VW Combi dan hyundai dapt brp Km per liternya?
    hatur nuhun..

    BalasHapus
  44. boil saya ford laser 1987 irit banget bisa 1:20 dalam kota..luar kota bisa 1:30..irit bgt bukan,padahal tanpa pasang penghemat bbm ya sekedar saran aja sih utk semua jenis mobil itu irit asal 1/3 dari perjalanan yang kita tempuh,itu mobilnya didorong aja..pasti ngirit deh....hehehehehehehe

    BalasHapus
  45. Ane kalau nyopir pakai mobil merek apa saja kok boros apa karena slalu penumpang penuh, contoh grand livina lukot 1:12

    BalasHapus
  46. TIMOR SOHC 97, dalkot 1:10 Lukot 1:13 Top speed 160 km

    BalasHapus
  47. ada yang tau classy 1.3 thn 91 perbandingan konsumsi bensinnya berapa

    BalasHapus
  48. Chevrolet spin 2013 model 1.5 LTZ-AT pake premium .Dalkot 1:10 ,Lukot 1:13

    BalasHapus
  49. harrier 2000 / 3000cc
    1: 10 dalkot. bawaan pabrik 1:6. karena sudah pasang :1. SAG, 2 XCS3. 3 pakai norival. ( bukan promosi , katanya ga ada efek uang kembali )

    BalasHapus
  50. waduh Gan, punya ane toyota corona sallon 2000 tahun 92, pemakaian BBM nya berape ye?

    BalasHapus
  51. escape 2002 xlt v6 dalam kota 1:8 lurkot 1:10 premium asal bs mainin gasnya gk boros2 amat

    BalasHapus

Pembaca yang BUDIMAN, Sudilah kiranya Anda meninggalkan pesan/komentar terkait artikel yang Anda baca, atau mengenai Blog ini. Terima kasih dan Salam Takzim.

Artikel Terkait