Jumat, 20 April 2012

15 Tip Bagaimana Menjadi Pemikir yang Brilian


Pada artikel sebelumnya, bertitik tolak dari pemahaman bidang neurologi dan psikologi, Dr. Richard Restak mengemukakan 28 cara melatih otak agar kinerja otak tetap cemerlang, tidak mengalami atrofi alias penciutan sirkuit otak, tidak mudah lupa, dan semakin kreatif. Dalam bukunya “Smart and Smarter: Cara Melatih Otak Agar Kita Menjadi Lebih Pintar dan tetap Pintar”. Ke 28 cara tersebut dapat Anda baca disini.

Pada artikel ini, MSB kemukakan pemikiran Dr, Paul Sloane. Dalam bukunya How to be a Brilliant Thinker: Exercise Your Mind and Find Creative Solutions, Paul Sloane telah membuat sebuah buku panduan yang amat komprehensif tentang seni berpikir, yang menghindari kesalahan dari banyak buku serupa yang ditulis penulis lainnya. Di satu sisi, memuat sejumlah teori, di sisi lain dan barangkali hal ini lebih penting lagi, buku ini dilengkapi dengan saran-saran praktis dan contoh-contoh nyata tentang bagaimana para pemikir hebat, sekalipun berasal dari kelas orang kebanyakan, membuka pikiran mereka terhadap proses berpikir yang baru dan mengasyikkan, dan menuai hasil yang memuaskan dengan berbagai cara.


Paul Sloane mengharapkan Anda dapat menjadi seorang pemikir yang sama hebatnya dengan orang lain apabila Anda berlatih dan mengembangkan keahlian yang Anda miliki saat ini sebagai bagian dari strategi pembelajaran seumur hidup.

Pada bukunya setelah bagian perkenalan, Sloane menjelaskan mengapa berpikir kreatif sangat penting dewasa ini. Selanjutnya Sloane memberikan sejumlah tips latihan dan teknik untuk meluruskan cara berpikir Anda yang sudah using. Teknik yang dia jabarkan dalam How to be a Brilliant Thinker adalah:
• Mengkonfrontasi asumsi-asumsi Anda
• Berpikir 
secara lateral
• Berpikir secara visual
• Berpikir
secara kombinasi

15 Tips Mengembangkan Otak Anda

1.   Gunakan atau Anda akan kehilangannya. Bila kita berbaring terus menerus, maka otot otot kita akan melemah dan berkurang terus. Demikian juga dengan otak kita. Kalau jarang dipakai. Penelitian menunjukkan, otak yang aktif memperkecil kemungkinan kelainan kognitif, kepikunan, alzheimer pada tahapan lanjut usianya. (MSB jadi teringat humor yang mengatakan bahwa otak bekas orang Indonesia masih berharga mahal?)

2.   Memberi makan otak. Makanan terbaik otak adalah buah buahan dan sayuran segar yang memberikan anti oksidan, karbohidrat dan asam folfat. Juga diperlukan protein yang didapatkan dari telur, ikan, daging. Lemak Omega 3 didapat dari minyak ikan. Gula, alkohol, obat obatan dan lemak berdampak buruk buat otak, terutama dalam jumlah banyak.

3. Terus belajar. Belajar sendiri akan membantu mengembangkan otak, apapun topik pembelajarannya. Kita dapat belajar dari buku, VCD, DVD, internet, training, seminar, dari teman teman, dsb.

4.   Keragaman adalah bumbu hidup. Keragaman dalam pekerjaan, kegiatan pengisi waktu luang, hiburan, percakapan, perjalanan, kegiatan sosial dapat membantu merangsang dan melatih otak. Lakukan variasi dalam hidup termasuk melakukan yang tidak lazim, misalnya coba memakai tangan kiri untuk aktifitas yang biasanya dilakukan dengan tangan kanan.

5.   Latihan fisik. Olahraga akan memperlancar aliran darah dan oksigen ke kepala. (otak yang beratnya hanya 2% dari tubuh kita, mengkonsumsi 20% oksigen). Gerakan-gerakan yang melatih koordinasi ritme, langkah dan pergerakan disaat berolahraga.

6.   Tidur Nyenyak. Tidur membantu kesegaran otak, memperkuat dan memperbaiki daya ingat. Penelitian di Kanada: pelajar yang mempersiapkan ujian dan tidur dengan cukup memperoleh nilai lebih tinggi, daripada yang begadang.

7. Membaca. Aktifitas membaca sangat bagus untuk menambah pengetahuan dan merangsang otak. Bagaimana kalau menonton TV/CD atau cuma mendengarkan radio? Saya kira sama saja ya… kan sama-sama pake’ otak. 

8.   Mengingat. Berlatihlah menggunakan ingatan, latihlah memori setiap hari...dan kita akan melihat perkembangan kemampuannya.

9.  Menggunakan angka. Cobalah menggunakan aritmatika mental setiap hari. Hindari kalkulator, usahakan menghitung diluar kepala, misalnya disaat menghitung kembalian belanja. Berlatihlah melakukan pertambahan, pengurangan, pengalian dan pembagian tanpa alat hitung. Ini amat berguna untuk otak.

10.Mendengarkan musik. Mendengarkan musik dapat mengembangkan dan merangsang bagian bagian otak, serta mengubah suasana hati. Ketika mendengarkan musik, bertanyalah pada diri sendiri:”Apa yang ingin disampaikan oleh pencipta lagu ini dan bagaimana dia menyampaikannya?”. Dengarkan kontribusi masing masing instrumen itu dan upaya sang komposer memadukan semua instrumen tadi.

11.Mempelajari bahasa asing. Bahasa yang kita gunakan membantu membentuk cara kerja pikiran kita. Mempelajari bahasa lain akan memperluas pikiran dan membantu kita untuk melihat sesuatu dengan cara baru. Tontonlah film berbahasa asing, baca buku buku, koran berbahasa asing......kunjungi negara lain, yang memberikan tantangan dua kali lebih keras.

12.Mengajar. Ada ungkapan:”Bila anda ingin mempelajari sebuah bidang, maka ajarkan bidang itu”. Bagi seorang pemikir, mengajar menghadirkan sebuah tantangan intelektual dan pribadi yang besar. Yang ini sesuai dengan pengalaman.

13.Bergaul dengan orang cerdas. Habiskan waktu dengan orang yang cerdas, menarik dan menyenangkan, suka membaca, berwawasan luas, mampu mengungkapkan pendapat dengan baik, mampu menggali potensi orang lain, yang mempunyai pandangan yang berbeda, yang menentang opini kita.

14.Bekerja sukarela. Melakukan pekerjaan sukarela akan menempatkan diri anda pada sebuah situasi berbeda, dimana Anda dapat membantu orang lain dan pada saat bersamaan belajar dari orang lain.

15.Menyanyi. Belajarlah menyanyi secara harmonis, dalam kelompok. Otak kita memerlukan latihan, tantangan dan rangsangan.

Selamat berlatih…


Salam Takzim,
Bagus H. Jihad


65 komentar:

  1. Tampaknya blog kita ada kemiripan tema, kita bisa kerjasama www.azharmind.blogspot.com

    BalasHapus
  2. wah makasih tipsnya om... bisa dicoba nih...

    tuker link om... ditunggu konfirmasinya
    htpp://boxpilem.blogspot.com

    BalasHapus
  3. woh sepertinya saya kurang memberi makan otak nih, thanks udah share tipsnya om :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimaksih untuk Info yang sangat Amazing, boleh dicoba.

      Hapus
  4. harus bsa lebih mengasah otak kanan kita nih yg jarang ke pakai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus seimbang kanan dan kiri...

      Hapus
  5. Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

    BalasHapus
  6. aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ilmu harus terus dibagi agar manfaat bagi banyak orang...

      Hapus
  7. Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

    BalasHapus
  8. Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

    BalasHapus
  9. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  10. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  11. Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

    BalasHapus
  12. Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  13. Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

    BalasHapus
  14. Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  15. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  16. Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  17. Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

    BalasHapus
  18. Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

    BalasHapus
  19. Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

    BalasHapus
  20. Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

    BalasHapus
  21. Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

    BalasHapus
  22. Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

    BalasHapus
  23. setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

    BalasHapus
  24. Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

    BalasHapus
  25. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  26. Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

    BalasHapus
  27. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  28. Wibesite yang sangat Amazing, Artikel dan Tipsnya boleh dicoba. Semangat !!

    BalasHapus
  29. Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  30. Postingan yang sangat Hebat, Tips boleh dicoba.salam sukses

    BalasHapus
  31. Artikel yang bermanfaat dan berguna, wajib di coba. sukses selalu

    BalasHapus
  32. Ilmu yang sangat Hebat, boleh dicoba Artikel dan Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  33. Artikel yang benar benar sangat infomantif dan Kreatif. boleh dicoba, sukses selalu

    BalasHapus
  34. poin-poin-Nya penting dan logis semua seperti pada poin 4. Keragaman adalah bumbu hidup dan 8. Mengingat, Saya suka. Semua memang harus dilatih ya? SEmoga sedikit demi sedikit Saya bisa lakukan dari poin-poin diatas yang belum Saya implementasikan dalam kehidupan Saya terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Sob...
      Saya juga mulai belajar..

      Hapus
  35. 18 tips yang agan sebutkan bener2 membantu nih,,ditunggu postingan berikutnya ya...hee

    BalasHapus
  36. informasi yang bagus dan menarik..

    BalasHapus

  37. bagus dan sabgat berman faat sekali infonya

    BalasHapus
  38. Jalan2 malam ketemu artikel om bagusss...
    izin shared om yaaa...makasi

    BalasHapus
  39. terima kasih telah berbagi

    BalasHapus
  40. artikelnya bagus gan ... kalo bisa mampir dan follow di blog ane juga... trims..
    babongpedia.blogspot.com

    BalasHapus
  41. Thanks buat artikel yang bagus ini :)
    Ternyata memang benar klo terlalu sering tidur malah melemahkan daya berfikir seseorang.......

    BalasHapus
  42. artikel yang menarik banget, jadi nambah pengetahuan..

    barang akli ada yang lagi sakit, ane punya banyak obat alami yang aman, nyaman dan berlabel halal MUI,

    Obat Flek Paru-Paru
    Obat Gula Darah Tinggi
    multivitamin untuk pelangsing badan
    Obat LIVER

    Semoga bermanfaat. Terima kasih.

    BalasHapus
  43. thanks yaa omm, wah artikel ini buat penyemangat agar lebih aktif dalam mengasah otak,

    terimakasih banyak yaa omm :-)

    BalasHapus
  44. Broker Terbaik – Dapatkan Banyak Kelebihan Trading Bersama FBS,bergabung sekarang juga dengan kami
    trading forex fbsasian.com
    -----------------
    Kelebihan Broker Forex FBS
    1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
    2. SPREAD DIMULAI DARI 0 Dan
    3. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANK LOKAL Indonesia dan banyak lagi yang lainya

    Buka akun anda di fbsasian.com.
    -----------------
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
    Tlp : 085364558922
    BBM : hotforex

    BalasHapus

Pembaca yang BUDIMAN, Sudilah kiranya Anda meninggalkan pesan/komentar terkait artikel yang Anda baca, atau mengenai Blog ini. Terima kasih dan Salam Takzim.

Artikel Terkait