Minggu, 25 Maret 2012

Posisi Tempat Duduk Teraman Dalam Sebuah Pesawat


Kecelakaan merupakan sebuah takdir yang tak dapat kita elakkan. Bagaimanapun kita sudah berusaha, dengan mengerahkan segala daya upaya, tetapi bila Tuhan mengatakan lain, maka kita sebagai hambanya yang lemah, sangat tidak berdaya. Demikian halnya dengan kecelakaan. Hal ini dapat menimpa siapa saja, dimana saja, bahkan tanpa kita sadari. Salah satunya adalah kecelakaan pesawat terbang.

Mungkin Anda masih ingat, kecelakan pada pesawat Adam Air Penerbangan KI-574 jurusan Surabaya-Manado, yang sebelum transit di Surabaya berasal dari Jakarta, yang hilang dalam penerbangan. Kecelakaan ini menewaskan seluruh penumpangnya yang berjumlah 96 penumpang dan 6 awak pesawat dan merupakan jumlah korban tewas terbesar dalam sejarah Boeing 737-400. Penyebab kecelakaan seperti yang diumumkan oleh Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) adalah cuaca buruk, kerusakan pada alat bantu navigasi Inertial Reference System (IRS) dan kegagalan kinerja pilot dalam menghadapi situasi darurat.

Ketika kita berpikir tentang kecelakaan pesawat, yang kita pikirkan hanyalah sebuah bencana, sebuah pesawat jatuh dari langit. Namun sebagian besar dari kecelakaan yang melibatkan pesawat juga melibatkan kemungkinan yang lain: “selamat”. Kecelakaan pesawat terbang dapat terjadi karena beberapa hal diantaranya pendaratan keras, lepas landas yang buruk, tabrakan di landasan pacu, kehilangan kontrol, kerusakan mesin dan penyebab lainnya.


Tetapi tahukan Anda bahwa dalam kecelakaan fatal pada pesawat terbang, 56 persen penumpangnya  dapat survive. Dari penelitian yang dilakukan terhadap kecelakan dan keselamatan penerbangan, diperoleh fakta bahwa hal tersebut tergantung pada di mana Anda duduk. Mengapa? Karena kebanyakan orang yang meninggal dalam kecelakaan tidak tewas oleh karena dampak kecelakaan;  bukan juga karena menghirup asap beracun segera segera setelah terjadinya kecelakaan. Lantas apa penyebabnya?

Dua faktor penyebab selamat adalah terhindar dari dampak serius kecelakaan, dan dapat keluar cepat dari pesawat.  Jadi, duduk di tengah pesawat bukan taruhan yang sangat baik, karena pada banyak pesawat, itu berarti Anda sedang duduk di atas tangki bahan bakar. Dan jika tank mengalami retak atau bocor, maka bahan bakar dapat menguap dan dengan cepat meledak.

Sebuah pedoman umum yang dipercaya mengatakan bahwa, “kesempatan Anda untuk selamat lebih besar, jika Anda duduk dekat pintu darurat di dekat bagian belakang pesawat”. Ada dua alasan mengapa? Pertama, duduk di dekat pintu darurat berarti Anda bisa keluar lebih cepat, tanpa harus memanjat siapa pun. Kedua, berada di belakang pesawat menempatkan Anda paling jauh dari mesin pesawat. Percayalah, belum ada data statistik yang mengkonfirmasi bahwa posisi suatu kursi lebih aman daripada yang lain, jadi rekomendasi ini lebih didasarkan pada analisis dan pengalaman pribadi.

MSB kutip dari The Men’sHealt, Januari 2010 mengatakan, “Setiap pesawat memiliki desain dan karakteristik yang berbeda, tentu saja, tapi beberapa kursi memiliki posisi yang jelas lebih aman (dan dalam banyak kasus, lebih nyaman). Berikut adalah ikhtisar singkatnya:

Pesawat Tipe: 757
No tempat duduk aman :
 Kursi 10A dan 10F. Meskipun posisinya adalah hanya pada jendela, tetapi tidak ada kursi dengan nomor 9A dan 9F yang menghalangi, dan pintu keluar hanya beberapa centi di depan Anda. Contoh gambar berikut adah 757-200.

Pesawat Tipe: 747
No tempat duduk aman
 : Baris 61 sampai 64, dekat jendela. Pesawat tipe 747 meruncing ke bagian belakang, dan hasilnya, tidak ada kursi dekat jendela di baris itu, hanya ruang ekstra yang membantu Anda bersantai selama penerbangan. . . dan melarikan diri ketika terjadi kecelakaan (Gambar 747-400)


Pesawat tipe : MD80Kursi paling aman : Baris 20 dan 21 memiliki ruang ekstra delapan inci (20 cm) untuk kaki karena berada dekat pintu keluar darurat. Dan posisi ini juga jauh dari mesin, yang berada di bagian belakang pesawat ini.

Pesawat Tipe: 737Kursi paling aman : jauh dari belakang (Gambar berturut-turut 737-500; 737-700 dan 737-800).


Untuk gambar jenis-jenis pesawat lainnya dapat Anda lihat di www.seatguru.com.


Ketika Anda akan bepergian, jangan lupa selalu berdoa untuk keselamatan Anda. Meminta restu orangtua juga merupakan hal indah untuk mendukung keselamatan Anda. Bukankah Ridho dan restu orang tua, juga menjadikan Allah yang Maha Kuasa menjadi Ridho? 


Tetaplah mengambil hikmah dari setiap peristiwa, agar tetap memotivasi dan menginspirasi Anda.


Salam Takzim,
Bagus H. Jihad. 

20 komentar:

  1. wow, detail sekali sob, tapi memang sob, berdo'a itu paling penting, karena semua ini karena kuasanya, thanks ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Monk, thengkyu sdh mampir. Setuju Mas, Doa adalah kekuatan!!!

      Karena doalah yang bisa merubah takdir.

      Hapus
  2. wah informasi yang berguna, saya baru tau nih om.. :D
    kalau denger kecelakaan pesawat, saya jadi inget film Final Destination pertama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya malah belum pernah lihat Final Destination, katrok ya?

      Tapi akan sangat sulit untuk mendapatkan tempat2 itu...Yang paling gampang ya berdoa!

      Hapus
  3. Detail banget infomu, Gan

    Please visit ya :

    Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks, nanti sy kunjungi blog Anda.

      Hapus
  4. nice info gan,,, salam kenal, berkunjung dan berkomentar juga ya di blog ane..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga, thanks sdh mampir.
      Nanti saya usahakan berkunjung.

      Hapus
  5. nice inpoh bgt inih :)
    bner2 baru tw...dlu wktu sy msi srg naik psawat,sy malah paling seneng duduk di bagian tengah krn bisa liat sayap pesawat hahha ...
    tp trnyta justru yg paling dekat dgn mesin ya hmm...thx yaaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Gan, kenyataannya kita tdk pernah bisa memilih tempat2 itu...
      Apalagi kalao telat chek in...

      Hapus
  6. sangat bermanfaat informasi tentang tempat duduk ini pak?
    kapan saya bisa duduk di pesawat terbang ya? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah, Anda akan terbang...

      Hapus
  7. tempat duduk bis, saya bisa milih. tempat duduk pesawat juga bisa milih ya? pengalaman beli karcis ya dapatnya manut jee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oleh karena itu, saat check in saya memilih "lebih cepat lebih baik", biasanya saya milih duduk dekat pintu darurat.

      Hapus
  8. Saya mah tergantung dapet nomer berapa. Gak bisa milih seat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak, kita bisa milih kalau chek in-nya paling awal...

      Hapus
  9. Masuk akal ulasanya...dan memang betul doa adalah hal yang tak boleh dilupakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. terma kasih Bro...
      mari memperbanyak doa...

      Hapus
  10. Nice info pak..berhubung sering jalan bareng teman2 yang adalah emak2, mereka paling senang pesan seat paling depan, karena memang seat dekat pintu darurat itu agak susah, lagipula ada beberapa syaratnya juga kalo gak salah, tapi berapapun nomer seat nya, yang paling penting adalah doanya, bukan begitu pak?? :)

    BalasHapus
  11. wah pengetahun baru nih yang berhasil saya dapatkan..trms...

    BalasHapus

Pembaca yang BUDIMAN, Sudilah kiranya Anda meninggalkan pesan/komentar terkait artikel yang Anda baca, atau mengenai Blog ini. Terima kasih dan Salam Takzim.

Artikel Terkait