Jumat, 23 Maret 2012

9 Langkah Menggapai Tujuan SMART


9 Langkah Menggapai Tujuan SMART Anda

[MSB] Pembaca yang budiman, Anda tentu sudah semakin SMART. Karena Anda sudah mempunyai tujuan yang SMART. Mengapa harus mempunyai tujuan yang SMART? Anda bisa membaca artikel di blog ini dengan judul “9 Langkah Merubah Mimpi Menjadi Kenyataan” disini. Lantas bagaimana menentukan dan menulis tujuan? Anda dapat membaca “7 Langkah dalam Menentukan Tujuan” disni. Bila Anda sudah memahami mengapa Anda harus mempunyai tujuan yang SMART, maka Anda perlu berlatih untuk membuatnya, maka Anda perlu membaca “Berlatih Membuat Tujuan yang SMART #1” disini dan “Berlatih Membuat Tujuan yang SMART #2” disini.

Bila Anda sudah membaca beberapa artikel tersebut ~atau artikel dari sumber yang lain ~maka tentunya sekarang Anda sudah mempunyai Tujuan yang SMART! Bacalah lagi tujuan Anda! Visualisasikan, ketika Anda dapat mencapainya, apa yang Anda rasakan? Sangat menyenangkan! Tujuan yang telah Anda tetapkan tersebut, pastilah harus direalisasikan. Anda dapat membaca artikel “A to Z untuk Menggapai Mimpi-mimpi Anda” disini. Berikut beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk menggapainya !

Sebelum Anda membaca tips 9 Langkah Menggapai Tujuan SMART ini lebih lanjut, dua tayangan ini mungkin dapat memotivasi dan menginpirasi Anda.



1. Sadari Bahwa membuat Tujuan lebih mudah daripada Merealisasikannya
Itulah mengapa, Anda perlu dan harus membuat Tujuan Anda dengan SMART, - Specific, Measurable, Achievable, Realistic and Timely – ini merupakan langkah awal Anda untuk merealisasikan tujuan. Anda sudah membaca dan membuatnya, berarti anda sudah satu langkah di depan. Selanjutnya Anda harus merealisasikannya. Sadarilah bahwa membuat tujuan adalah mudah, merealisasikannya bukan hal mudah! Dibutuhkan mental pemenang untuk berjuang.

2. Selaraskan Tujuan Anda dengan Nilai-nilai Anda
Jika tujuan Anda tidak selaras dan sejalan dengan keyakinan dan karakter Anda, maka Anda kaan menemui kendala yang signifikan untk menggapainya. Bahkan jika seandainya Anda ampu mengaturnya dan mendapatkan apa yang Anda inginkan, Anda mungkin tidak akan sangat bahagia. Maka pada awal tulisan, MSB minta Anda untuk memvisualisasikan ketika Anda mencapainya! Bacalah lagi tujuan Anda! Apakah tujuan-tujuan Anda tersebut sudah selaras dengan nilai-nilai yang Anda pegang dan yakini? Apakah Anda sudah memikirkan segala konsekuensinya? Walaupun harus mengorbankan nilai-nilai Anda?

3. Bagilah Tujuan Anda dengan beberapa orang yang Anda Anggap penting dan Mengerti
Tidak semua orang membutuhkan langkah ini untuk setiap tujuan yang ditulisnya. Tetapi banyak yang mendapatkan manfaat dengan melalukan strategi ini, walaupun tidak seluruhnya. Langkah ini membuat Anda mendapatkan dukungan, masukan, pertimbangan dan saran. Untuk itulah MSB sarankan Anda membaginya dengan orang-orang penting dan mengerti Anda, mereka yang berpandangan positif. Ingat, membaginya dengan mereka yang berpandangan negatif hanya akan melemahkan niat Anda.

4. Siapkan Dukungan
Siapa atau apa yang bisa memberi Anda umpan balik,  dorongan, saran yang sehat, atau menyediakan hati dan telinga untuk mendengar? Pastikan mereka yang Anda pilih dapat memberi Anda dukungan ini. Tentu orang-orang di poin 3, adalah mereka yang dapat membantu Anda. Siapkan hal ini, bila Anda gagal atau lemah motivasi, menghadapi rintangan yang terjal, Anda sudah tahu siapa tempat Anda berbagi.

5. Minimalkan Kendala yang Potensial
Ada 3 (tiga) kunci mencegah Anda “overconfidence” dan dari perencanaan yang tidak matang dalam memprediksi kendala:
  • Buatlah rencana yang lengkap, terukur termasuk semua langkah-langkah yang diperlukan untk mencapai tujuan-tujuan Anda. Jangan mellupakan “Tenggat Waktu” pada setiap langkah.
  • Masukkan semua tidakan Anda ke dalam Jadual, tambahkan ke dalam kalender Anda, baik di rumah atau di kantor. Tambahkan kira-kira 10-20% dari waktu ini untuk membatu Anda mengontrol kemungkinan hal-hal yang tidak terduga.
  • Evaluasilah kemajuan yang Anda capai secara berkala.  Anda mungkin perlu membuat perubahan atau penyesuaian untuk lebih mempertajam tujuan Anda tersebut.  Antisipasi hal-hal ini sehingga Anda tidak buta terhadap kiri kanan Anda, tidak buta lingkungan sekitar Anda.
6. Selesaikan paling tidak satu langkah setiap hari
Tindakan yang konsisten akan medorong Anda menatap tujuan Anda. Bahkan memilih langkah-langkah kecil dalam “to-do List” Anda akan sangat berarti, dan mungkin akan terus memotivasi Anda untuk melangkah ke yang lebih besar dan lebih banyak.

7. Hadiah untuk Diri Sendiri
Jangan menunggu hingga Anda mencapai semua tujuan Anda, apalagi bila tujuan itu berjangka panjang. Hadiahi diri Anda setiap Anda mencapai sebuah “milestone” tertentu.  Sesuatu yang sederhana, seperti membuat jadual untuk diri sendiri (misalnya nonton film, nonton olahraga favorit, membaca, berolahraga, menjalankan hobi) atau melakukan perenungan karena rasa bersalah karena telah bermanja-manja atau berleha-leha.

8. Jangan Pernah Menyerah
Dengan menyerah Anda tidak mendapatkan apa-apa. Bacalah artikel ini “Jangan Pernah Menyerah”, untuk tetap menjaga motivasi Anda dalam mencapai tujuan. Keep moving forward, success waiting you, but time isn't.

9. Berdoa
Doalah yang bisa merubah. Mengapa demikian? Karena Doa yang Anda tujuan kepada yang Kuasa. Dialah yang bisa merubah. Dia yang lebih tahu kepantasan dan usaha yang telah Anda lakukan.


9 Langkah Menggapai Tujuan SMART
Salam Takzim,
Bagus H. Jihad

7 komentar:

  1. your post is nice.. :)
    keep share yaa, ^^
    di tunggu postingan-postingan yang lainnya..

    jangan lupa juga kunjungi website dunia bola kami..
    terima kasih.. :)

    BalasHapus
  2. waah, benar sekali.. :D
    terimakasih atas tips yang telah disampaikan, sangat bermanfaat.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali...salam takzim.

      Hapus
  3. nice post gan :D,seperti agan motivator ya ? senang bisa berkenalan dengan agan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat Senang bisa berkenalan dengan Anda. Pastilah Anda manusia super.

      Hapus
  4. saya juga super gan.. wkwkwkkw zondim maen kesitu gan

    BalasHapus

Pembaca yang BUDIMAN, Sudilah kiranya Anda meninggalkan pesan/komentar terkait artikel yang Anda baca, atau mengenai Blog ini. Terima kasih dan Salam Takzim.

Artikel Terkait