Jumat, 11 Februari 2011

BIOGRAFI SINGKAT THOMAS ALVA EDISON


Hari ini 164 tahun yang lalu lahirlah seorang penemu serba bisa Thomas Alva Edison yang lahir pada tanggal 11 Februari 1847 di kota Milan, Ohio, Amerika Serikat.

Walaupun Edison hanya menempati urutan ke 38 dari "Seratus Tokoh yang Paling Berpengaruh dalam Sejarah" dalam buku karya Michael H. Hart, yang terbit pada tahun 1978, bagi saya Edison merupakan penemu yang paling spektakuler. Ini karena Edison mencatatkan rekor paten lebih dari 1.000 penemuannya.
 Ciptaan pertamanya, perekam suara elektronik dibuatnya tatkala umurnya baru dua puluh satu tahun. Hasil karyanya itu tidak dijualnya. Sesudah itu dia menekuni pembuatan peralatan yang diharapkan bisa laku terjual di pasar, tak lama sesudah itu dia berhasil membuat perekam suara elektronik, dia menemukan dan menyempurnakan mesin telegram yang secara otomatis mencetak huruf, yang dijualnya seharga 40.000 dolar, suatu jumlah besar pada saat itu.

Sehabis itu, bagaikan antri dia menemukan hasil karya baru dan dalam tempo singkat Edison bukan saja termasyhur tetapi juga berduit. Mungkin, penemuannya yang paling asli adalah mesin piringan hitam yang dipatenkannya tahun 1877. Tetapi, yang lebih terkenal di dunia adalah pengembangan bola lampu pijar yang praktis di tahun 1879.

0 komentar:

Posting Komentar

Pembaca yang BUDIMAN, Sudilah kiranya Anda meninggalkan pesan/komentar terkait artikel yang Anda baca, atau mengenai Blog ini. Terima kasih dan Salam Takzim.

Artikel Terkait