Sabtu, 19 Februari 2011

Pilih5 Untuk Lingkungan-mu




Bila kita perhatikan gambar di samping, banyak hal yang dapat kita lakukan untuk ikut membantu memecahkan persoalan “Global Warming”. Sebagaimana pernah ku-posting dalam tulisan sebelumnya, karena kita adalah makhluk budaya.

“Sebenarnya umat manusia adalah makhluk budaya. Maka hidup dan kehidupan umat manusia tidak bersifat statis, tetapi berkembang terus-menerus tanpa henti dalam memenuhi segala keperluan hidup dan kehidupannya. Baik yang bersifat materi maupun rohani, yakni dalam upaya meraih kebahagiaan hidup yang terpadu. Oleh karena itu kita semua mengakui bahwa kehidupan materi tanpa diimbangi dengan kehidupan rohani maka segalanya akan menjadi hambar, demikian pula sebaliknya kehidupan rohani yang tidak ditopang oleh kehidupan materi tidak akan mencapai kesempurnaan” (lihat “Jamrud Bumiku, Lazuardi Langitku”).

Bila pada gambar diatas kita diajak untuk “Doing Something”, maka pada tulisan ini, aku mengajak pembaca semuanya untuk bersama-sama ber-ikrar dan menanamkan kesadaran dalam diri kita masing-masing tentang sadar lingkungan. Menuliskan hal ini merupakan ikrar ku yang ke-5 dalam program Pick5 yang kuikuti. Program ini diprakarsai oleh Badan lingkungan hidup Amerika (EPA).

Caranya cukup mudah, anda tinggal masuk ke http://www.epa.gov/pick5/printyourpick5b.html dan pilih 5 hal/kegiatan yang dapat anda lakukan untuk lingkungan. Dalam situs tersebut dikatakan:
Being an environmentalist means different things in different places, but it begins by taking the simple steps where you live. By choosing five or more of these actions and sharing actions and sharing your stories, you are joining thousands of others who are doing the same. Together we can make the biggesr difference. Get started today!”

Dalam program ini, kita diminta untuk memilih lima hal/kegiatan yang mampu kita lakukan untuk lingkungan. Kelima hal tersebut kita pilih dari 6 kategori, yaitu air, udara, tanah, energy, limbah dan prakarsa. Selengkapnya adalah:       
1.         Water, (Air)
a.       Gunakan air seperlunya, gunakan kembali bila memungkinkan.
b.      Bantu, membuat air tetap bersih dengan menggunakan bahan-bahan pembersih yang ramah lingkungan.
c.       Buang limbah padat/cair atau limbah kimia/obat-obatan secara aman.
d.      Lindungi sumber air dari polutan, pestisida atau sampah.
2.         Air, (Udara)
a.       Gunakan transportasi energy manusia! Jalan, lari, sepatu roda atau bersepeda.
b.      Gunakan transportasi publik, kendaraan jemputan, renacanakan mengurangi bepergian yang menimbulkan emisi gas buang.
c.       Pastikan, udara di lingkungan rumah adalah sehat! Pelajari tentang sumber polusi dari dalam rumah!
d.      Beli produk/makanan lokal.  Hal ini dapat mereduksi polusi udara akibat transportasi.
e.      Tanam pohon!
f.        Cegah polusi dengan menggunakan cara alternative yang ramah lingkungan guna membuang limbah.
3.         Land, (Tanah)
a.       Gunakan pestisida yang aman! Kurangi atau tinggalkan sama sekali.
b.      Pelajari tentang pupuk kompos, dan cobalah!
c.       Pelajari tentang penghijauan (Greenscaping)! Cobalah dan promosikan ke lingkungan anda.
d.      Pelajari tentang spesies ‘native’ dan pengaruh negatifnya terhadap tanaman ‘non-native’ juga kepada hewan disekitarnya.
4.         Energi, (Enerji)
a.       Hemat enrgi di rumah, pilih peralatan yang hemat enerji!
b.      Gunakan energy terbarukan! Misalnya angin, matahari (selsurya), air biofuels.
c.       Temukan cara alternative untuk mereduksi penggunaan transportasi berbahan bakar alam.
d.      Temukan, berapa banyak energy di rumah yang menggunakan energy terbarukan.
5.         Waste, (Limbah)
a.       Reduce (Kurangi), perkakas/ peralatan yang nantinya akan menjadi limbah!
b.      Re-use (pakai ulang). Temukan sesuatu yang terbuang untuk dapat ditransformasikan menjadi bentuk yang lebih bernilai.
c.       Recycle (daur ulang), logam, plastic dan kertas.
d.      Jangan nyampah! Buanglah secara tepat dan benar.
e.      Ketika membeli barang pilih yang dapat dipakai ulang (Reuse) dan didaur ulang (Recycle). Pilih dengan pembungkus yang sederhana.
6.         Advocacy (Prakarsa)
a.       Berpartisipasi pda kegiatan atau festival mengenai lingkungan.
b.      Organisaikan sebuah kegiatan tentang lingkungan.
c.       Kembangkan program pemberian “Penghargaan Hijau” di lingkungan anda.
d.      Bicarakan mengenai ‘Pick5” dengan teman.
e.      Pilih “ Green Mate”, pasangan hijaumu di senatero dunia yang bersama dengan Pick5, melalui twitter, facebook atau yag lainnya. Dan bagaimana cara anda menemukannya?
f.        Bagilah komitmen anda pada jejaring social (social networking).
g.       Bergabung atau dirikan klub hijau di lingkungan anda.
h.      Ajarkan pendidikan lingkungan pada sekolah di komunitasmu!
i.         Tingkatkan kepedulian! Saling berbagi dengan yang lain tentang kondisi lingkungan, baik local maupun global.


Dan mulai saat ini, saya sarankan semua masyarakat Indonesia tanpa kecuali untuk mengikuti program ini, guna memberikan hasil yang dahsyat. “Tangan saya kecil, tangan anda juga kecil, tapi bila kita satukan…akan menjadi kekuatan yang besar, yang dengannya akan sanggup menggeser gunung”. Mulailah dari yang kecil…Mulailah dari diri kita sendiri…Mulailah sekarang juga!

Dalam Islam, berprakarsa akan mendatangkan kebaikan dan pahala (baca: Eco-Teologi Islam dan Eco-Pontren) , sebagaimana sabda Rasulullah saw dari Abi Amr Ibn Jubair Ibn Abdillah:
“Barang siapa yang berbuat baik dalam islam, maka ia akan memperoleh pahala dari perbuatan itu dan pahala dari orang yang melaksanakan atau meniru prakarsa itu setelahnya tanpa mengurangi pahala orang-orang yang menirunya. Dan barang siapa berprakarsa yang jelek, maka ia akan mendapatkan dosa dari prakarsanya itu tanpa mengurangi dosa orang yang menirunya (HR.Muslim)”.
Oleh karena itu mari kita menjadi pemrakarsa, untuk diri kita, keluarga dan lingkungan kita. Dan inilah lima kegiatan yang saya pilih dan saya ikrarkan untuk lingkungan-ku:
  1.  Aku akan menggunakan air secukupnya, dan menggunakan kembali bila memungkinkan.
  2.  Aku cukup membeli makanan dan produksi lokal.
  3.  Aku akan menanam dan merawat tanaman atau pohon..
  4.  Aku akan menghemat energi dirumah dan memilih peralatan hemat energi jika memungkinkan.
  5.  Aku akan menyeebar luaskan tentang program “Pick5”.

Nah itulah pilihanku, 5 hal yang telah aku jalankan sejak beberapa waktu yang lalu. Mandi cukup satu ember saja, memang awalnya akan sulit. Hal ini telah aku lakukan, sejak dulu. Awalnya memang karena air PAM yang sangat pelit mengalir. Tetapi kini tetap menjadi kebiasaan yang justru positif. Kemudian air bekas mencuci beras, juga dapat kugunakan untuk membersihkan buah atau sayuran (efektif untuk membersihkan sisa pestisida), juga dapt digunakan untuk menyiram bunga/ tanaman agar semakin subur.


Kiri: ember mandiku, tengah: air cucian beras, kanan: air cucian beras untuk menyiram tanaman.
Hal kedua dari ikrarku, yaitu menggunakan produksi dalam negeri, baik makanan maupun barang. Ini juga sudah kulakukan, juga dari dulu, karena aku Cinta Buatan Indonesia. Bukan, bukan karena memang aku nggak punya uang dan harta yang cukup. Ini adalah kesadaran pribadi, karena banyak juga tetanggaku yang kaya dan mampu, juga senang produk dalam negeri. Cinta produk dalam negeri untuk kemakmuran sendiri.

Hal ketiga yang sudah aku lakukan adalah, ikut melakukan penghijauan. Dibawah ini aku lampirkan beberapa foto yang menunjukkan betapa ASRI-nya kantorku. Yang lebih menyenangkan adalah aku ikut ambil bagian dalam penghijauan tersebut. Memang, kegiatan tersebut dilakukan tahun 2008 yang lalu, dan sekarang inilah hasilnya.



Gambar bawah adalah ulahku, yang menanam kelapa Gading
diantara tiga batang pohon cemara (sebagai tanda).
Untuk hemat energi, aku paling bawel dirumah, untungnya istriku juga sama. Awalnya sih memang untuk menghemat pengeluaran, karena “Pak” PLN selalu menaikkan tarifnya. Tetapi kini, hal ini sudah menjadi kesadaran yang juga tertanam dalam diri anak-anakku. Matikan lampu, televisi, atau radio bila tidak digunakan. Demikian juga di kantor pada jam pulang, aku periksa setiap ruangan, kalau-kalau ada listrik atau lampu yang menyala.

Dan yang kelima adalah, apa yang aku lakukan hari ini. Ya, menyebarkan program Pick5 ini kepada istri dan anakku, juga kepada anda sekalian.

Itulah ceritaku tentang ikrar Pick5 yang telah aku lakukan, bagaimana dengan anda???.


0 komentar:

Posting Komentar

Pembaca yang BUDIMAN, Sudilah kiranya Anda meninggalkan pesan/komentar terkait artikel yang Anda baca, atau mengenai Blog ini. Terima kasih dan Salam Takzim.

Artikel Terkait