Senin, 09 Januari 2012

Perang Terhadap Ramnit dan Pencegahannya

Ramnit tentu bukan nama Negara, karena tidak terdaftar di PBB. Siapakah Dia??? Yang pasti dia bukan berasal dari Indonesia, sebab kalau dari Indonesia mungkin namanya Radit, Raka, Rangga, Rama atau mungkin Rojak. 

Apakah sebuah organisasi Gangster, Perompak Somalia, Yakuza, atau hanya seorang bandit tengil. Yang pasti, Ramnit kini menjadi perburuan banyak ahli dan pakar diseluruh dunia, karena serangan yang dilakukannya. Serangan ini tidak pandang bulu, tapi konon kabarnya, Ramnit tidak menyerang para koruptor. Lho, kok bisa? Ya bisa saja, karena para koruptor mungkin membayar si Ramnit agar tidak menyerang dirinya.

Facebook, jejaring sosial tersibuk ini sejak 2010 dipusingkan oleh si Ramnit. Ramnit, adalah virus computer serupa dengan worm. Menurut para ahli keamanan komputer, virus tersebut digunakan penjahat cyber untuk mencuri nama pemilik akun dan kata kuncinya (password) dalam transaksi perbankan online. Dikabarkan facebook setiap harinya menangkal lebih dari 600.000 login yang diduga terinfeksi si Ramnit ini.

Namun, berbeda dari virus lainnya, Ramnit bisa mereproduksi dirinya sendiri, tanpa perlu menempel pada program yang ada. "Dengan kemampuan itu, Ramnit dapat menyebar dengan cepat secara online, Saat ini satu dari lima link yang terdapat di Facebook mengandung virus. Setiap harinya empat juta pengguna Facebook menerima spam dan 600 ribu percobaan pembobolan akun.

Berita tentang si Ramnit ini, menjadi headline dibeberapa media online tanah air, seperti yang terkutip berikut ini.

Hentikan Malware, Facebook Amankan 45 Ribu AkunOkezone - ‎7 Jan 2012‎
Menurut perusahaan keamanan, Seculert, pelaku dari semua ini merupakan bagian yang terkenal dari malware, dan dijuluki Ramnit. 45 ribu rincian login yang dicuri tersebut, diyakini telah diambil dari sebagian besar akun pengguna Facebook di Inggris dan ...
 Virus mengganas, 45 ribu akun Facebook dibajakKontan - ‎7 Jan 2012‎
Lebih dari 45 ribu akun Facebook telah dibajak peretas dan dimasuki virus. Perusahaan keamanan Seculert menyatakan, virus menyebar melalui link yang dikirimkan akun Facebook yang terbajak. Seculert mengungkapkan, virus Ramnit, yang pertama kali muncul ... 
Virus Facebook Mengganas, 45.000 Akun Dibajak
KOMPAS.com - ‎7 Jan 2012‎
KOMPAS.com — Perusahaan keamanan Seculert mengumumkan bahwa lebih dari 45.000 akun Facebook sudah dibajak peretas dan dimasuki virusVirus ini menyebar melalui link yang dikirimkan akun Facebook yang terbajak. Seculert mengatakan, Ramnit, yang pertama ..  
45 Ribu Akun Facebook Dikunci untuk Hentikan VirusMBM Tempo (Berlangganan) - ‎6 Jan 2012‎
Namun, berbeda dari virus lainnya, Ramnit bisa mereproduksi dirinya sendiri, tanpa perlu menempel pada program yang ada. "Dengan kemampuan itu, virus Ramnit dapat menyebar dengan cepat secara online," tulis Telegraph. ...  
45 Ribu Akun Facebook Dibobol MalwareVivanews - ‎6 Jan 2012‎
VIVAnews - Sebuah worm (jenis virus) komputer yang dikenal dengan nama Ramnit dilaporkan mencuri 45 ribu password Facebook secara luas. Aksi worm ini meluas di Eropa, dari akun facebook di Inggris dan Perancis. Malware ini telah ada sejak April 2010 ..  
Virus Ramnit Serang 45 Ribu Akun FacebookMedia Indonesia - ‎6 Jan 2012‎
Seperti kebanyakan virusRamnit berpotensi menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Kabarnya, saat ini baru Inggris dan Prancis yang diserang. Pengguna Facebook disarankan berhati-hati ketika membuka link berisi alamat situs yang tidak dikenal. ..  
Ramnit Curi 45 Ribu Password FacebookDetikcom - ‎6 Jan 2012‎
Jakarta - Sebuah program jahat atau malware bernama Ramnit kembali melancarkan aksinya, kali ini menyasar para pengguna Facebook. Malware ini dilaporkan mencuri password dan username milik 45 ribu lebih pengguna. Sebagian besar pengguna yang menjadi ...  
Ini Cara Menangkal Virus di FacebookTempo Interaktif - ‎5 Jan 2012‎
Baru-baru ini, misalnya, diketahui bahwa sebuah "cacing" keluaran lama, Ramnit, memiliki cara baru untuk membobol sebuah akun. Cacing ini bertujuan mencuri data finansial ini tersebar melalui jejaring sosial, bahkan perusahaan keamanan It, Seculert, ..  
Facebook Kebobolan, 45 Ribu Kata Sandi DicuriRepublika Online - ‎5 Jan 2012‎
Hebatnya, kekuatan virus jaringan sosial ini bisa dimanipulasi untuk menyebabkan kerusakan besar bagi individu atau lembaga, bila di tangan yang salah," kata Seculert. Menurut Seculert, 800.000 mesin telah ternfeksi 'Ramnit' dari bulan September sampai ... 
Awas, Ada Virus Pencuri Password di FacebookTempo Interaktif - ‎5 Jan 2012‎
Data Seculert menyatakan sebanyak 800 ribu mesin terserang virus Ramnit sejak September hingga Desember 2011. Menurut penyedia antivirus Symantec, pada Juni 2011 sebanyak 17,3 persen virus yang menginfeksi perangkat lunak berasal dari varian Ramnit. ...  
Worm Curi 45 Ribu Password FacebookOkezone - ‎5 Jan 2012‎
Kekuatan virus jejaring sosial dapat dimanipulalsi untuk menyebabkan kerusakan pada individu dan lembaga jika ada di tangan yang salah." Mesin yang terinfeksi olehRamnit pun jumlahnya sangat besar, dilaporkan Seculert, sebanyak 800 ribu sudah ..

Bagaimana Komputer Anda
Begitu membaca kabar akan keberadaan Ramnit ini, maka MSB melakukan antisipasi, tentu saja dengan scan antivirus. Antivirus pertama yang dicoba adalah SmadaV, hasilnya nihil alias tak terdeteksi adanya si Ramnit. Kemudian diteruskan dengan menggunakan AVG, yang mendeteksi dua buah virus dengan warning “Potentially harmfull program”. Ini membuat kecurigaan agan bercokolnya Ramnit semakin besar. Dan terakhir menggunakan MSE “Microsoft Security Essentials”, dan hasilnya seperti gambar dibawah ini:




 Ternyata, si Ramnit dengan varian Ramnit.I telah bercokol, setelah sebelumnya Ramnit.A dan Ramnit.C. Setelah mengetahui bahwa Ramnitnya berhasil dilumpuhkan dan diusir kelar oleh MSE ini, maka perlu dilakukan langkah-langkah pencegahan agar si Ramnit tidak balik lagi.


 Pencegahan

Untuk mengegah si Ramnit agar tidak menginfeksi laptop, netbook atau PC anda, beberapa hal antisipasi yang dapat dilakukan adalah:
  • ·         Aktifkan firewall anda
  • ·         Dapatkan update terbaru untuk software yang anda install.
  • ·         Gunakan antivirus ter-update
  • ·         Batasi pengguna dalam satu computer.
  • ·         Gunakan “pemberi peringatan” ketika membuka lampiran atau transfer file.
  • ·         Gunakan “pemberi peringatan” ketika membuka LINK pada webpage
  • ·         Hindari mengunggah software bajakan.
  • ·         Cegahlah diri anda dari serangan rekayasa sosial, 
  • ·         Gunakan password yang kuat


Bila, ternyata antivirus anda tidak dapat melumpuhkan atau mengusir si Ramnit, maka anda harus ganti antivirus, Jangan ganti laptop, netbook, atau bahkan PC anda. Dan berburulah cara-cara menghilangkan atau melumpuhkan Ramnit di dunia maya.

Salam Takzim

10 komentar:

  1. wew, untung saya pake essential, trus firewall juga di aktifkan ah mulai sekarang, ok saya nyecand dl ya, takut terjangkit, hihi ;)

    BalasHapus
  2. @Stupid monkey:
    Selamat bila laptop, netbook atau C anda terbebas dari virus ini. Karena kalu tidak jangan-jangan data-data selingkuhan ikut dibobol dan disebar luaskan di dunia maya, hehehehehe...peace bro.

    Thengkiyu, Salam Takzim.

    BalasHapus
  3. wew.....
    ternyata facebook yg diserang...
    mungkin ini ulah yg ga seneng ma facebook....
    :P
    simpulan dangkal

    BalasHapus
  4. wahhhh apa anti firusnya fb?? hehehehe
    engga menyerang komputer kan??

    BalasHapus
  5. @zone:
    yang diserang bukan hanya facebook, tetapi virus ini sdh menyerang file exe, dll dan lain-lain. Intinya bisa memperbanyak dirinya sendiri.
    Salam Takzim.

    BalasHapus
  6. @ascomycotina:
    viris ini menyerang komputer kita, cuma karena merasa penyebarannya lebih cepat lewat FB...makanya lebih cepat perjalanannya...
    hati2 aja jangan mudah klik.
    Thengkiyu, Salam Takzim.

    BalasHapus
  7. Laptop tua yang saya pakai menggunakan Windows7 dan Microsoft Security Essential serta Firewall saya aktifkan. Kemungkinan si Ramnit itu sudah ditangkap. PC Dhenok yang tidak pakai Windows7 perlu dicek nih.

    Thanks infonya, Mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat Kang, kalo' Laptopnya sdh bebas dari Ramnit...jangan sampai password kita dicurinya. Bisa berabe ntar jadinya.
      Tahanks, Salam Takzim.

      Hapus
  8. Balasan
    1. Begitulah Mas Bro. Apakah PC atau laptopnya sdh aman?

      Salam Takzim,
      Bagus H. Jihad

      Hapus

Pembaca yang BUDIMAN, Sudilah kiranya Anda meninggalkan pesan/komentar terkait artikel yang Anda baca, atau mengenai Blog ini. Terima kasih dan Salam Takzim.

Artikel Terkait