Sabtu, 14 Januari 2012

Ngaku Aja Deh…Kalau Ini Punya Anda

Hari Senin lalu, MSB mencoba memindahkan beberapa data dari HardDisk PC lama ke PC baru. Nah dari kegiatan itu, MSB menemukan sebuah file! Ceritanya begini, hal ini terjadi secara kebetulan, MSB kebahagian PC anyar dengan processor i7. PC branded yang menyebut dirinya Dell XPS, (maaf ini bukan promo!). Nah XPS-nya sendiri singkatan dari “Xtreme Performance System”. Seberapa xtreme?

Dell XPS (9100) ini menggunakan prosesor Core i7-960 yang mendukung Turbo Boost. Dell Studio XPS 9100 terbaru ini tampak sama seperti pendahulunya untuk tampilan luar dan  mendukung basis spesifikasi

*Intel Core i7-960 (3.2GHz, 8MB cache); *12GB Tri Channel DDR3; *2TB HDD SATA
*BLURAY Combo DVD; *24" Wide HD Monitor with WLED; *ATI Radeon HD6670 1GB
*Gigabit LAN; *Card-Reader 19 in 1; *Windows 7 Premium 64bit; *Wireless Keyboard & Laser Mouse;  *Sound Blaster(R) X-Fi (TM) Xtreme Multimedia audio Card.





Tapi sayangnya, dengan spesifikasi yang setinggi itu, nilai WEI-nya (Windows Experience Index) hanya 5,9 dari nilai tertinggi 7,9, dimana letak kelemahannya? Ternyata terletak pada HDD yang digunakan. Dengan besar storage 2TB dan rpm 7200 tak mampu meluluhkan hati windows 7. Nilai ini mungkin akan berubah andai HardDisk yang digunakan mempunyai kecepatan 10.000 rpm.


Windows Experience Index (Indeks Performa Windows)

Oh ya, mungkin ada yang bertanya, apa sih WEI itu? Jawabnya sederhana WEI serupa dengan ukuran performa atau Kinerja sebuah PC/Laptop dengan OS windows. WEI mengukur kemampuan perangkat keras dan konfigurasi perangkat lunak pada komputer Anda, dan menyatakan hasil  pengukuran ini sebagai sebuah angka yang disebut “base score”.  Nilai base score yang lebih tinggi berarti bahwa komputer Anda akan tampil lebih baik dan lebih cepat daripada komputer dengan base socre yang lebih rendah, terutama ketika melakukan aktivitas yang membutuhkan lebih banyak sumber daya di PC Anda.

Setiap komponen perangkat keras menerima “subscore” individu. Base score komputer ditentukan oleh subscore terendah. Sebagai Contohnya PC XPS saya ini. Base score bukan merupakan rata-rata dari subscores gabungan. Namun, subscores dapat memberikan arahan guna membantu Anda memutuskan komponen mana yang perlu di-upgrade, agar kinerjanya meningkat. Nilai WEI saat ini berkisar antara 1,0-7,9

Anda dapat  menggunakan base score untuk  membeli program dan  perangkat lunak lain yang cocok untuk base score komputer  Anda.  Sebagai contoh,  jika komputer Anda memiliki base score 3,3, maka Anda dapat membeli perangkat lunak yang dirancang untuk versi Windows yang mensyaratkan komputer dengan base score 3,0 atau lebih rendah.

Base score

Sebagaimana sudah disinggung di atas, base score merupakan nilai kinerja terendah dari sistem komputer anda, bergantung pada hardware dan software pendukungnya, termasuk random access memory (RAM), Central Processing Unit (CPU), hard disk, kinerja grafis pada PC anda secara umum, dan kemampuan 3D grafis tersebut.

Berikut adalah deskripsi umum dari WEI berdasarkan bases score:

Sebuah komputer dengan base score 2.0 memiliki kinerja yang cukup untuk melakukan tugas-tugas komputasi umum, seperti Microsoft office dan berselancar di Internet. Namun, komputer dengan base score ini  umumnya tidak cukup kuat untuk menjalankan Windows Aero, atau multimedia canggih yang tersedia pada OS Windows 7.

Komputer dengan base score 3,0 dapat menjalankan fitur Aero dan multimedia Windows 7 pada tingkat dasar. Beberapa fitur Windows 7 yang lain mungkin tidak dapat dinikmati dengan sempurna. Sebagai contoh, sebuah komputer dengan bases core 3,0 dapat menampilkan tema Windows 7 pada resolusi 1280 × 1024, tapi mungkin bermasalah untuk menjalankan tema ini pada resolusi yang lain. Atau, dapat memainkan konten TV digital, namun mungkin megap-megap untuk memainkan konten High-Definition Television (HDTV).

Komputer dengan skor dasar 4,0 atau 5,0 dapat menjalankan semua fitur baru dari Windows 7, dan dapat mendukung multitasking program pada waktu yang sama.

Komputer dengan skor dasar 6,0 atau 7,0 memiliki harddisk yang lebih cepat, dan dapat mendukung grafis multimedia tingkat tinggi (High-End), seperti game multiplayer dengan tampilan 3-Dimensi serta perekaman dan pemutaran konten HDTV.

Lantas, dikemanain PC yang lama? Nah, inilah kebahagian itu, PC lama yang dipersenjatai AMD Phenom Quad-Core masih tetap eksis, tidak digudangkan. Inilah penampakannya sekarang setelah berpindah tempat. 


Lho kok jadi ngomongin tentang kinerja PC dan WEI. Padahal awalnya hanya mau membahas tentang penemuan file. Oke, kita ngomongan tentang hal itu. Kembali ke awal, saat memindahkan data inilah, saya menemukan sebuah file. Sayangnya pada file tersebut tidak menyebutkan data sumber. Nah kepada para pembaca MSB, bila merasa mempunyai file ini, Anda ngaku aja deh!

Maaf, berhubung artikel ini sudah kepanjangan, Dengan sangat terpakasa break disini dan disambung di Ngaku AjaDeh, Kalau ini Punya Anda #2




Salam Takzim, 
Bagus H. Jihad



1 komentar:

Pembaca yang BUDIMAN, Sudilah kiranya Anda meninggalkan pesan/komentar terkait artikel yang Anda baca, atau mengenai Blog ini. Terima kasih dan Salam Takzim.

Artikel Terkait